Workshop Membuat Bunga Dari Flanel, Jogja 4 September 2018

bunga flanel

Hadir di YOGYAKARTA, 4 September 2018 !!! Ikuti…

Workshop “KREASI BUNGA dari KAIN FLANEL”

Dalam full day workshop, kalian akan diajarkan step by step membuat aneka bunga dari bahan flanel. Bahan atau kain flanel biasa digunakan untuk membuat aneka kerajinan tangan antara lain : aksesoris, aneka bunga imitasi, souvenir pernikahan, hiasan dinding, tas mungil dan lain sebagainnya.

Mungkin diantara sahabat kursuskriya.com ada yang belum mengetahui apa itu sesungguhnya kain atau bahan flanel. Diluar negeri kain flanel yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan tangan dikenal dengan sebutan felt. Kain flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wool tanpa ditenun. Dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga dihasilkan kain dengan berbagai tekstur dan jenis. Dipasaran, kain flanel dijual dalam berbagai kualitas dan ketebalan.

Ciri-ciri kain flanel adalah :

  • agak kaku.
  • jauh lebih tebal dibandingkan jenis  kain pada  umumnya.
  • karena tidak ditenun maka tidak tampak ada motif tenunan.
  • seratnya mirip kapas.
  • bagian pinggir kain, rata, tidak berserabut.

Dalam workshop ini akan diajarkan :

  1. Membuat pola kelopak bunga, pola daun, pola kuncup bunga, pola putik dan pola dasar bunga.
  2. Membuat komponen bunga.
  3. Merakit bunga.
  4. Merangkai aneka bunga.
  5. Ide membuat rangkaian bunga.

Jenis Bunga Dari Kain Flanel Yang Akan dibuat adalah :

  1. Bunga Rose
  2. Bunga Daisy
  3. Bunga Gerbera
  4. Bunga Hibiscus alias bunga sepatu.

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan :

Hari/ Tanggal : Selasa, 4 September 2018

Waktu/Jam : 09.00-15.00 WIB

Lokasi : Jalan Gelatik nomer 3, Mrican, Catur Tunggal, Depok-Sleman, Yogyakarta.

Investasi :

  • Rp.350.000,- (sudah termasuk bahan praktek).
  • Diskon 10 % untuk pendaftaran sebelum tanggal 25 agustus 2018.

Pendaftaran :

  • Nina
  • Telp/WA/SMS : 0877-8110-5276
  • BBM : 54CC42AF
  • Email : kursuskriya@gmail.com

—-Tempat Terbatas—-

10 Bahan Untuk Membuat Bunga Stocking

         Ketika kita sedang mengunjungi pameran kerajinan tangan, kita sering melihat aneka kerajinan tangan yang bentuk dan warnanya tampak menarik. Seringkali kita ingin membeli produk kerajinan tangan tersebut tapi apa daya tangan tak sampai alias terlalu mahal. Jangan takut, artikel-artikel dari kursus kriya akan membantu anda mewujudkan untuk memiliki produk kerajinan tangan yang anda inginkan secara gratis! Caranya ikuti tutorial membuat aneka kerajinan tangan sehingga anda dapat membuatnya sendiri. Hasil karya anda selain dapat dipakai sendiri juga dapat dijual sehingga anda malahan bisa mendapatkan uang.

          Sebelum memasuki ke tahap cara membuat aneka bunga stocking, hal dasar yang harus kita ketahui adalah pengenalan bahan baku untuk membuat bunga stocking. Jika kita sudah mengetahui jenis-jenis bahan stocking serta sifat-sifatnya, maka adalah mudah untuk membuat bunga mawar dari stocking, bunga anggrek stocking ataupun bros kupu-kupu stocking. Yuk kita intip apa saja bahannya.

BAHAN BAKU MEMBUAT BUNGA DARI STOCKING :

1. Stocking aneka warna.

Ada beberapa jenis stocking yang bisa kita pakai untuk membuat bunga imitasi yaitu : aneka stocking warna polos, aneka stocking warna gradasi, aneka stocking warna neon atau stabilo dan aneka stocking warna dengan tambahan serat benang berwarna emas atau perak. Untuk membuat kerajinan tangan dari stocking, kita juga harus mempertimbangkan tebal/tipis bahan agar sesuai dengan jenis bunga yang akan dibuat. Jika kita salah memilih ketebalan stocking maka resiko kain sobek. Stocking ketebalan standar biasa dipakai untuk kelopak bunga ukuran kecil sampai sedang dengan bentuk kelopak bunga tanpa sudut, lekukan yang tajam. Sedangkan stocking yang lebih tebal biasa digunakan untuk membuat bunga ukuran menengah sampai besar serta untuk kelopak bunga berbentuk sudut dan banyak tekukan/gelombang. Stocking yang lebih tebal juga biasa digunakan untuk membuat hiasan kupu-kupu dari stocking serta untuk membungkus putik dari pompom.

  • Untuk kebutuhan stocking warna warni silahlan klik disini
  • Untuk pilihan stocking gradasi atau stocking dua warna bisa klik disini
  • Untuk pembelian bahan stocking neon atau stocking warna stabilo coba lihat disini
  • Ingin stocking dengan benang emas atau benang perak, atau stocking glitter, silahkan klik disini
  • Lebih efisien…ayo lihat stocking berukuran panjang, disini

2. Kawat metalik

Coated wire atau kawat berlapis yang terdiri dari banyak warna biasa digunakan untuk membuat kelopak bunga stocking. Coated wire atau kawat metalik terdiri dari banyak pilihan warna seperti : kawat emas, kawat perak, kawat pink metalik, kawat biru metalik, kawat hijau metalik. Kawat bunga stocking yang umum dipakai adalah kawat emas dan kawat perak karena warnanya netral cocok untuk semua warna stocking. Ada beberapa ukuran kawat stocking, tetapi yang umum dipakai adalah ukuran 24 ga (diameter 0,51 mm) dan ukuran kawat 22 ga (diameter 0,64 mm). Untuk kelopak bunga ukuran kecil sampai sedang biasa menggunakan ukuran 24 ga, seperti bunga anggrek, bunga mawar, bunga tulip. Sedangkan ukuran 22 ga untuk bunga dengan kelopak bunga ukuran sedang sampai besar seperti bunga mawar besar, bunga lili dan bunga matahari. Ingin melihat macam warnannya, lihat disini.

3. Kawat Hijau

Kawat hijau adalah kawat yang sudah dililit atau dibungkus dengan floral tape warna hijau. Kawat hijau juga memiliki beberapa ukuran. Kawat hijau yang dipakai untuk kerajinan tangan bunga stocking adalah kawat hijau ukuran 18 ga (diameter 1,02 mm) dan kawat hijau ukuran 24 ga (diameter 0,51 mm). Kawat hijau 18 ga biasa digunakan untuk batang bunga stocking, sedangkan kawat hijau ukuran 24 ga biasa digunakan untuk ranting bunga stocking atau ranting daun dari stocking, silahkan pilih produknya disini.

4. Putik Imitasi

Menggunakan putik bunga imitasi adalah cara cepat dan mudah untuk membuat bunga stocking. Putik bunga terdiri dari beberapa bentuk, ukuran dan bahan. Putik bunga yang umum di pasaran adalah berbentuk seperti cotton buds (korek kuping) dengan kepala di dua sisi, dengan diameter 2 mm, 5 mm, 7 mm. Ujung putik dua sisi bisa terdiri dari satu warna ataupun dua warna. Selain putik imitasi 2 sisi, ada juga putik bunga berbentuk mirip aslinya, putik imitasi ini biasa terbuat dari plastik, contohnya putik imitasi bunga kalla lili, putik imitasi bunga matahari, putik imitasi bunga anthurium. Macam-macam putik bisa lihat disini.

5. Daun Imitasi

Daun imitasi untuk membuat bunga stocking bisa terbuat dari beludru berwarna hijau dan daun imitasi yang terbuat dari kain satin kaku. Kain beludru dan kain satin tersebut di cetak berbentuk macam-macam daun dengan guratan-guratan urat daun menyerupai daun asli, ada daun mawar imitasi, daun anggrek imitasi, daun krisan imitasi, daun anggur imitasi, daun bunga matahari serta daun lili kalla. Ada juga daun imitasi yang terbuat dari karet seperti daun anggrek bulan, dimana satu set terdiri dari lima lembar daun plus akar-akarnya sehingga benar-benar menyerupai daun aslinya, silahkan klik disini.

6. Floral Tape

Floral tape biasa digunakan untuk membungkus kawat batang bunga stocking. Umumnya floral tape berwarna hijau, tetapi sesungguhnya floral tape ada beberapa varian warna seperti coklat, kuning, biru, ungu, putih. Selain floral tape berwarna hijau, floral tape yang masih sering digunakan adalah floral tape berwarna coklat, biasanya digunakan pula untuk membungkus batang bunga stocking. 1 roll floral tape ada yang berukuran panjang 10 yard, 20 yard dan 30 yard. Jenis floral tape ada dua macam, ada yang cara penggunaannya dengan membubuhkan lem putih, ada juga floral tape yang sudah mengandung lem jadi tidak perlu menggunakan lem putih lagi. Pilihannya bisa lihat disini.

7. Pompom

Pompom adalah bulatan-bulatan yang terbuat dari sekumpulan benang wool. Ukuran diameter dan warnanya bervariasi. Dalam kerajinan tangan membuat bunga stocking biasanya pompom digunakan untuk membuat putik bunga. Caranya pompom dibungkus dengan beberapa lapis bahan stocking. Silahkan pilih-pilih disini

8. Benang

Benang jahit biasa digunakan untuk mengikat kelopak bunga stocking.

9. Lem Putih

Terkadang lem putih digunakan ketika kita membuat putik bunga dari pompom. Atau lem putih juga umum digunakan untuk awal dan akhir membungkus batang bunga stocking dengan floral tape.

10. Kapas

Biasa digunakan untuk membuat putik bunga seperti putik bunga anggrek imitasi. Caranya batang kawat hijau 18 ga dililitkan denga kapas, kemudian dibungkus dengan stocking tebal.

Demikianlah ulasan kami tentang 10 bahan untuk membuat bunga dari stocking. Selanjutnya yang perlu diketahui adalah alat apakah yang digunakan untuk membuat bunga stocking, tunggu kemunculan artikel berikutnya.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan “like” dan “share” ke rekan-rekan anda.

Bagi yang ingin kursus membuat kerajinan tangan dari bahan stocking, dapat menghubungi :

  • Nina
  • WhatsApp : 0877-8110-5276
  • BBM : 54CC42AF
  • Email : kursuskriya@gmail.com

Cara Membuat Kelopak Bunga Stocking

Setelah kita mengetahui aneka rupa bahan untuk membuat bunga stocking serta peralatan apa saja yang diperlukan untuk membuat kerajinan tangan berbahan dasar stocking, maka langkah selanjutnya adalah:

  1. Pertama kita memilih jenis bunga apa yang akan kita buat, misalkan bunga anggrek, bunga mawar, bunga melati, bunga kamboja, teratai dll.
  2. Tentukan berapa banyak kuntum bunga yang akan kita buat.
  3. Hitung berapa jumlah kelopak bunga untuk tiap kuntum, termasuk ukuran tiap kelopak bunga.
  4. Siapkan petal ring atau tabung ukur untuk membentuk kelopak bunga dengan ukuran tabung sesuai ukuran kelopak bunga yang akan kita buat. Misalkan untuk kelopak kecil menggunakan petal ring ukuran diameter 1,5 cm dan ukuran diameter petal ring 4 cm untuk kelopak sedang. Untuk pembelian petal ring silahkan klik disini
  5. Pilih bahan stocking yang akan kita gunakan untuk membuat kelopak bunga. Pilih jenis stocking seperti polos, gradasi atau glitter serta tentukan juga warna stocking. Belanja bahan stocking silahkan klik disini
  6. Tentukan model daun apa yang akan kita gunakan untuk membuat rangkain bunga. Apakah menggunakan daun dari bahan stocking hijau atau menggunakan daun imitasi yang sudah jadi seperti daun mawar dari beludru, daun bunga matahari dari satin atau daun anggrek dari karet. Ingin beli daun imitasi, silahkan klik disini.
  7. Pilih juga kawat stocking untuk kerangka kelopak bunga. Untuk kelopak bunga bisa menggunakan kawat sesuai warna stocking, misalkan bunga mawar merah menggunakan kawat stocking pink atau merah. Untuk daun bisa memilih warna kawat hijau muda atau hijau tua metalik. Kawat warna netral seperti kawat warna perak dan emas dapat digunakan sekaligus untuk kelopak bunga dan daun. Ingin pilih kawat stocking, silahkan klik disini.
  8. Saatnya membuat kerangka kelopak bunga. Caranya…………….

Cara Membuat Kerangka Kelopak Bunga :

  1. Ambil petal ring dengan ukuran diameter sesuai ukuran kelopak bunga yang akan kita buat.
  2. Siapkan kawat stocking dengan panjang kawat sesuai besarnya kelopak bunga yang akan kita buat, plus panjang tangkai kelopak bunga.
  3. Buat kerangka kelopak bunga dengan cara lilitkan kawat stocking mengelilingi petal ring, lalu plitir kedua ujung kawat, sehingga kawat terkunci. Buat beberapa kerangka sesuai kebutuhkan.

Nah, sahabat kursus kriya, itulah cara membuat kerangka kelopak bunga stocking. Ikuti terus artikel berikutnya karena kami akan membahas bagaimana cara membungkus kerangka kelopak bunga dengan bahan stocking.

Jika sahabat menganggap artikel ini bermanfaat, mohon untuk berikan “Like” dan silahkan “Share”. Thanks banget ya……..

Untuk Informasi Kursus Membuat Bunga Stocking, Silahkan Hubungi :

  • Nina
  • Email : kursuskriya@gmail.com
  • WhatsApp : 0877-8110-5276
  • BBM : 54CC42AF

Kursus Kerajinan Tangan Dewasa

kursus-manfaat-perca

Aneka Kursus Kerajinan tangan untuk dewasa privat/semi privat.